Rabu, 29 Desember 2010

Gereja Katolik dengan Berbagai Ritus di Dalamnya

Gereja Katolik dengan berbagai Ritus di dalamnya.

Kristus, yang telah ditinggikan dari bumi ini telah menarik semua orang untuk mengikuti diriNya. Beliau bangkit dari antara orang mati Dia mengutus Roh yang memberi hidup kepada murid-murid-Nya dan melalui Dia telah tercipta Tubuh-Nya yang adalah Gereja sendiri sebagai sakramen universal keselamatan. Duduk di sebelah kanan Bapa, Ia terus aktif di dunia dan Dia akan menuntun manusia kepada Gereja untuk bergabung bersama diri-Nya dan bahwa Dia akan membuat mereka mendapat bagian kehidupan dalam kemuliaan-Nya oleh santapan Tubuh dan darahNya sendiri. [Konsili Vatikan II, Konstitusi dogmatis tentang Gereja Lumen Gentium 48]

Ritus

Sebuah Ritus sebagai wujud gerejawi, atau gereja, tradisi tentang bagaimana sakramen harus dirayakan. Masing-masing sakramen-sakramen yang pada intinya memiliki makna penting yang harus dipenuhi untuk untuk dirayakan atau dimengerti. Hakikat ini - dari materi, bentuk dan niat - berasal dari sifat diwahyukannya beberapa sakramen tertentu, sehigga tidak dapat diubah oleh Gereja. Kitab Suci dan Tradisi Suci, sebagaimana ditafsirkan oleh Magisterium, mereka menjelaskan kepada kita tentang apa yang penting dalam setiap sakramen (2 Tes. 2:15).

Ketika rasul-rasul membawa Injil ke pusat-pusat kebudayaan utama pada hari hari kehidupan mereka, unsur penting dalam beribadah mengalami inkulturasi dengan budaya lokal / setempat. Ini berarti bahwa unsur-unsur penting dalam Liturgi telah disandangkan busana dengan simbol-simbol budaya setempat kemudian tinggal menetap dengan masyarakat setempat, sehingga ritual menghantar makna hasrat rohani bagi budaya setempat. Dengan cara ini Gereja menjadi segalanya bagi semua orang yang rindu untuk diselamatkan (1 Kor. 9:22).

Ada tiga kelompok ritus utama berdasarkan dari Ritus awal ini yang merupakan transmisi iman, Romawi, Antiokhia (Suriah) dan Aleksandria (Mesir). Byzantium kemudian diturunkan sebagai Ritus besar dari Antiokhia, di bawah pengaruh St Basil dan St Yohanes Krisostomus. Dari keempat menurunkan lebih dari 20 Ritus liturgi yang dirayakan di Gereja Gereja hari ini.

Gereja-gereja

Sebuah Gereja adalah perkumpulan Umat yang setia, dalam tatanan hierarkis, baik di seluruh dunia - sebagai Gereja Katolik, atau di wilayah tertentu - sebagai Gereja Partikulir. Untuk menjadikan sakramen (tanda) dari Tubuh Mistik Kristus di dunia, Gereja harus memiliki kedua bagian, yaitu kepala dan anggota (Kolose 1:18). Tanda sakramental Kristus adalah Kepala hierarki suci - para uskup, imam dan diakon (Ef. 2:19-22). Lebih khusus lagi, adalah uskup lokal, dengan imam dan diakon berkumpul dan membantu dia pada aktivitas mengajar, menguduskan dan mengatur (Matius 28:19-20; Titus 1:4-9). Tanda sakramental Tubuh Mistik adalah Para Umat setia Kristiani. Dengan demikian Gereja Kristus sepenuhnya hadir secara sakramental (dengan wujud tanda) di mana pun terdapat tanda-tanda Kristus Kepala, seorang uskup dan orang-orang yang membantu dia, dan tanda Tubuh Kristus, Umat Kristiani yang setia. Oleh karena itu setiap keuskupan disebut Gereja Partikulir.

Wujud Rupa Kristus juga hadir dalam ritual sakramentali Gereja-gereja yang mewakili tradisi gerejawi saat merayakan sakramen-sakramen. Mereka umumnya diselenggarakan di bawah Patriark, yang bersama-sama dengan para uskup dan ulama lainnya untuk mewakili ritual Kristus sebagai kepala Gereja bagi orang-orang dari tradisi setempat. Dalam beberapa kasus, beberapa ritus memiliki nama yang sama dengan Gerejanya. Misalnya, Gereja Maronit dengan Patriark memiliki Ritus Maronit yang tidak ditemukan dalam Gereja lainnya. Tetapi dalam kasus lain, seperti Ritus Byzantium, beberapa gereja menggunakan ritus yang sama atau yang sangat mirip Ritus liturgis-nya. Sebagai contoh, Gereja Katolik Ukraina menggunakan Ritus Byzantium, tapi Ritus ini juga ditemukan dalam Gereja-Gereja Katolik lainnya, serta Gereja-Gereja Ortodoks Timur tidak dalam persatuan dengan Tahta Suci Roma.

Akhirnya, Gereja Kristus hadir secara sakramentali yang Universal atau berarti Gereja Katolik tersebar di seluruh dunia. Hal ini diidentifikasi oleh tanda Kristus sendiri mengenai batu karang kami yaitu, Uskup Roma, Pengganti Santo Petrus (Matius 16:18). Untuk menjadi Katolik dan Gereja-Gereja partikulir Ritual Gereja-Gereja tersebut harus dalam persekutuan penuh dengan Kepala Kristus ini, sama seperti para rasul yang lain, dan Gereja yang mereka dirikan, berada dalam persekutuan penuh dengan Petrus (Galatia 1:18). Melalui persekutuan dengan Petrus dan para penerusnya Gereja menjadi sakramen universal keselamatan dalam segala waktu dan tempat, bahkan sampai akhir zaman (Mat 28:20).

Ritus Barat dan Gereja

Sesegera mungkin telah tunduk kepada Uskup Roma, Paus Agung, yang menunjukkan kewibawaan-Nya atas liturgi melalui Kongregasi Ibadah Ilahi dan Tata-tertib Sakramen.

Keluarga ritus-ritus Liturgis Latin / Romawi

Gereja Roma adalah Tahta Primat dunia dan salah satu dari lima tahta patriarkal dari Gereja awal (Roma, Konstantinopel, Alexandria, Antiokhia dan Yerusalem). Didirikan oleh Santo Petrus di 42 AD itu dikuduskan oleh darah St Petrus dan St Paulus pada masa penganiayaan Nero (63-67 M). Ini telah mempertahankan keberadaannya terus-menerus sampai hari ini dan merupakan sumber Keluarga Ritus di Barat. Berdasarkan penelitian para ahli (seperti yang Romo. Louis Boyer dalam Ekaristi) menunjukkan kedekatan erat Ritus Romawi yang mirip dengan doa Umat Yahudi di sinagoga, yang juga menghantarkan korban-korban pada Bait Suci. Sementara asal Ritus saat ini, bahkan dalam reformasi Konsili Vatikan II, dapat dilacak secara langsung hingga pada abad ke-4, hubungan ini menunjuk pada tradisi apostolik kuno yang dibawa ke kota kota yang jelas milik bangsai Yahudi.

Setelah Konsili Trente itu diadakan untuk mengkonsolidasikan doktrin dan praktek liturgi dalam menghadapi Reformasi. Dengan demikian, Paus St Pius V memutuskan perihal penggunaan Ritus Romawi di Gereja Latin (yang tunduk kepadanya dalam kapasitasnya sebagai Patriark Barat), sehingga hanya sedikit Ritus Barat yang berusia ratusan tahun tetap digunakan, sementara Ritus Ritus muda usia pada keuskupan atau daerah tertentu tidak lagi digunakan.

Sebagai konsekuensi dari Konsili Vatikan II Konstitusi dogmatis tentang Liturgi Suci, Paus Paulus VI melakukan reformasi Misa Ritus Romawi, yang direvisi dan di promulgasi dengan Misal Romanum tahun 1970. Ritus Misa ini sejak saat itu telah diubah dua kali (1975 dan 2002). Ritus Misa dirayakan sesuai dengan tata perayaan misa saat ini dalam Format Biasa Ritus Romawi. (Ordinarium Misale Romanum)

Pada saat Misale Romanum yang telah direvisi itu diundangkan pada tahun 1970 hampir semua umat Katolik berasumsi bahwa ritus sebelumnya yaitu Misale Romanum tahun 1962, telah dihapuskan. Dengan keputusan Paus Benediktus XVI Agung, asumsi umum tersebut telah dinyatakan SALAH dan hak para imam Ritus Latin untuk merayakan Misa menurut missal lama tersebut telah dikukuhkan (Surat Apostolik Summorum Pontificum, 7 Juli 2007). Misa dirayakan sesuai dengan Misale Romanum tahun 1962 merupakan Format Luar Biasa Ritus Romawi. (Extra Ordinarium Misale Romanum)

• Roma - Mayoritas umat Katolik Latin dan Katolik pada umumnya.

- Format Biasa Bentuk Ritus Romawi. Misa dirayakan sesuai dengan Missale Romanum tahun 1970, diresmikan oleh Paus Paulus VI, saat ini dalam edisi ketiga (2002). Edisi bahasa setempat Misale Romanum ini, serta upacara sakramen lain, yang diterjemahkan dari bahasa Latin edisi tipikal revisi sesudah Konsili Vatikan II.

- Format Luar Biasa Ritus Romawi. Misa dirayakan sesuai dengan Missale Romanum tahun 1962, diresmikan oleh Paus Yohanes XXIII. Sakramen yang lain dirayakan menurut Ritual Romawi yang berlaku pada waktu Konsili Vatikan II. Format Luar Biasa yang paling menonjol karena hampir seluruhnya dalam bahasa Latin. Selain lembaga-lembaga yang memiliki kemampuan untuk merayakan Format Luar Biasa secara rutin, seperti Persaudaraan para imam Santo Petrus dan Institut Sovereign Kristus Raja Imam, setiap imam Ritus Latin dapat sekarang diperkenankan menawarkan Misa dan sakramen-sakramen lainnya sesuai dengan norma-norma dari Summorum Pontificum.

- Format Gereja Anglikan. Sejak tahun 1980-an Tahta Suci telah menganugerahkan kepada beberapa bekas rohaniwan Episkopal Anglikan dan paroki-paroki mereka yang sudah mengkonversi kedalam Gereja Katolik dalam aktifitasnya untuk merayakan upacara sakramental Anglikan menurut bentuk Ritus mereka hanya doktrin-nya diperbaiki.

• Mozarabic - Ritus dari semenanjung Iberia (Spanyol dan Portugal) yang dikenal dari sekurang-kurangnya abad ke-6, dan mungkin dengan akar bentuk penginjilan asli. terhitung mulai pada abad ke-11 sudah digantikan dengan Ritus Romawi, meskipun demikian Katedral Keuskupan Agung Toledo, Spanyol, dan enam paroki-paroki yang telah meminta izin untuk merayakan Ritus Lama milik mereka. Perayaan tersebut saat ini umumnya dirayakan setengah terbuka.

• Ambrosiana - Ritus dari Keuskupan Agung Milan, Italia, diperkirakan mungkin berasal dari awal kekristenan barat dan hasil konsolidasi, tetapi bukan berasal dari Santo Ambrosius. Paus Paulus VI berasal dari Ritus Romawi ini. Ritus ini sekarang masih terus dirayakan di Milan, meskipun tidak oleh semua paroki.

• Bragan - Ritus dari Keuskupan Agung Braga, pada Tahta Primat Portugal, berasal dari abad ke-12 atau sebelumnya. Masih terus dirayakan walau hanya sekali sekali digunakan.

• Dominikan - Ritus biarawan Ordo Preacher/Pengkhotbah (OP), didirikan oleh St Dominikus pada tahun 1215.

• Karmelit - Ritus Ordo Karmel, yayasan yang modern oleh St Berthold c.1154.

• Carthusian - Ritus dari Orde Carthusian didirikan oleh St Bruno di 1084.

Ritus Timur dan Gereja

Gereja Katolik Timur mempunyai hierarki, sistem pemerintahan (sinode) dan hukum umum, Kitab Hukum Kanonik untuk Gereja-Gereja Timur tersendiri. Paus memiliki kekuasaan tertinggi atas mereka melalui Kongregasi untuk Gereja-Gereja Timur.

Keluarga ritus-ritus liturgis Antiokhia

Gereja Antiokhia di Syria (Provinsi Romawi kuno Suriah) dianggap sebagai Tahta Apostolik berdasarkan apa yang telah didirikan oleh Santo Petrus. mereka adalah salah satu pusat Gereja Purba, seperti yang tertera pada Perjanjian Baru, dan merupakan sumber keluarga Ritus serupa yang menggunakan bahasa Suryani kuno (dialek Semit digunakan dalam masa kehidupan Yesus dan lebih dikenal sebagai bahasa Aram). Liturgi tersebut dipersembahkan untuk St James dan Gereja Yerusalem.

1. SYRIA BARAT

• Maronit - Tidak pernah terpisah dari Roma. Patriark Maronit Antiokhia. Bahasa liturgi Aram. 3 juta Maronit yang ditemukan di Lebanon (asal), Siprus, Mesir, Suriah, Israel, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Brazil, Argentina dan Australia.

• Suryani - Suryani Katolik yang kembali ke Roma pada tahun 1781 dari bidaah Monofisit. Patriark Syria Antiokhia. 110.000 Katolik Suryani yang ditemukan di Suriah, Libanon, Irak, Mesir, Kanada dan Amerika Serikat.

• Malankara - Katolik dari India Selatan diinjili oleh St Thomas, menggunakan liturgi Syria Barat. Berkumpul kembali dengan Roma pada tahun 1930. Bahasa liturgis Barat hari ini adalah syria dan Malayalam. 350.000 Malankara Katolik yang ditemukan di India dan Amerika Utara.

2. SYRIA TIMUR

• Kasdim / Khaldea - Babel Katolik kembali ke Roma pada 1692 dari bidaah Nestorian. Patriark Babel dari Kasdim. Liturgi bahasa Syria dan bahasa Arab. 310.000 Katolik Khaldea yang ditemukan di Irak, Iran, Suriah, Libanon, Mesir, Turki dan Amerika Serikat.

• Siro-Malabar - Katolik dari India Selatan menggunakan liturgi Syria Timur. Kembali ke Roma pada abad ke-16 dari bidaah Nestorian. Liturgi bahasa syria dan Malayalam. Lebih dari 3 juta umat Katolik Siro-Malabar dapat ditemukan di negara bagian Kerela, dalam Barat Daya India.

Keluarga ritus-ritus liturgis Bizantium

Gereja Konstantinopel menjadi pusat politik dan agama timur Kekaisaran Romawi setelah Kaisar Konstantin membangun sebuah ibukota baru di sana (324-330) di situs kota kuno Byzantium. Konstantinopel mengembangkan sendiri ritus liturgis dari Liturgi Santo Yakobus, dalam satu bentuk yang dimodifikasi oleh St Basil, dan dalam bentuk yang lebih umum digunakan, sebagaimana telah diubah oleh St Yohanes Krisostomus. Setelah 1054, kecuali untuk periode singkat persatan penuh dengan Roma, kebanyakan orang Kristen Byzantium belum dalam persekutuan dengan Roma. Mereka membentuk Gereja-gereja Ortodoks Timur, yang kepala titulernya adalah Patriark Konstantinopel. Gereja Ortodoks kebanyakan auto-cephalous, yang berarti berkepala mandiri, bersatu untuk satu sama lain dengan persekutuan dengan Konstantinopel, yang dalam pelaksanaannya tidak punya otoritas atas mereka. Mereka biasanya dibagi ke dalam Gereja-gereja menurut garis bangsa atau negara. Mereka yang telah kembali ke dalam persekutuan dengan Tahta Suci diwakili di antara Gereja-Gereja Timur dan sebagian menggunakan Ritus dari Gereja Katolik.

1. ARMENIA

Dianggap baik Ritus sendiri atau versi yang lebih tua dari Byzantium. Bentuk pastinya tidak digunakan oleh Ritus Bizantium lainnya. Ini terdiri dari Umat Katolik yang merupakan orang pertama untuk mengkonversi sebagai bangsa Armenia (Timur Laut dari Turki), dan yang kembali ke Roma pada masa Perang Salib. Patriarkh Kilikia dari Armenia. Bahasa liturgis Armenia klasik. 350.000 Katolik Armenia yang ditemukan di Armenia, Suriah, Iran, Irak, Lebanon, Turki, Mesir, Yunani, Ukraina, Perancis, Rumania, Amerika Serikat dan Argentina. Kebanyakan Warga Armenia yang menganut Ortodoks, tidak dalam persatuan dengan Roma.

2. Bizantium

• Albania - Umat Kristen Albania, hanya berjumlah 1400 orang sekarang ini, yang melanjutkan persekutuan dengan Roma pada tahun 1628. Bahasa liturgi adalah Albania. Sebagian besar orang Albania menganut Kristen Ortodoks Albania.

• Belarusia / Byelorussian - tidak diketahui berapa jumlah umat yang kembali ke Roma pada abad ke-17. Bahasa liturgi Slavia Lama. Yang setia dapat ditemukan di Belarus, serta Eropa, Amerika dan Australia.

• Bulgaria - Bulgaria yang kembali ke Roma pada tahun 1861. Bahasa liturgi Slavia Lama. 20.000 umat setia yang dapat ditemukan di Bulgaria. Sebagian besar bulgaria bulgaria orang Kristen Ortodoks.

• Ceko - Ceko Katolik dari Ritus Byzantium diatur dalam sebuah yurisdiksi pada tahun 1996.

• KriĹževci - Kroasia Katolik dari Ritus Byzantium yang kembali dalam persekutuan dengan Roma 1611. Bahasa liturgi Slavia Lama. memiliki 50.000 umat dapat ditemukan di Kroasia dan Amerika. Kebanyakan Kroasia adalah Romawi (Ritus) Katolik.

• Yunani - Yunani Kristen yang kembali ke Roma pada 1829. Bahasa liturgi adalah Yunani. Hanya 2500 umat setia di Yunani, Asia Kecil (Turki) dan Eropa. Yunani hampir semua orang menganut Kristen Ortodoks, di bawah Patriark Ortodoks Patriark Konstantinopel.

• Hungaria - Keturunan Ruthenians yang kembali ke Roma pada 1646. Liturgi bahasa Yunani, Hungaria dan Inggris. memiliki 300.000 umat beriman yang ditemukan di Hungaria, Eropa dan Amerika.

• Italo-Albania - Tidak pernah terpisah dari Roma, dengan 60.000 umat Katolik Ritus Bizantium ditemukan di Italia, Sisilia dan Amerika. Bahasa liturgi adalah Yunani dan Italo-Albania.

• Melkite - Katolik dari antara mereka yang terpisah dari Roma di Syria dan Mesir yang kembali komuni dengan Roma pada waktu Perang Salib. Namun, serikat definitif hanya datang di abad 18. Patriark-nya membawahi wilayah Melkite Yunani Damaskus. Liturgi bahasa Yunani, Arab, Inggris, Portugis dan Spanyol. Lebih dari 1 juta Melkite Katolik dapat ditemukan di Suriah, Libanon, Yordania, Israel, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Brasil, Venezuela, Argentina dan Australia.

• Rumania - Rumania yang kembali ke Roma pada 1697. Bahasa liturgi Rumania. Ada lebih dari 1 juta Umat Katolik Rumania di Rumania, Eropa dan Amerika. Sebagian besar orang Kristen Rumania penganut Ortodoks Rumania.

• Rusia - Rusia yang kembali ke dalam persekutuan dengan Roma pada tahun 1905. Bahasa liturgi Slavia Lama. Tidak diketahui jumlah umat yang setia di Rusia, Cina, Amerika dan Australia. Kebanyakan orang Kristen Rusia menganut Ortodoks Rusia, dengan Patriark-nya adalah Patriark Ortodoks Moskow.

• Ruthenia - Katolik dari antara mereka yang terpisah dari Roma di Rusia, Hungaria dan Kroasia yang bersatu kembali dengan Roma pada 1596 (Brest-Litovsk) dan 1646 (Uzhorod).

• Slovakia - Ritus Byzantium Katolik asal Slowakia berjumlah 225.000 Umat dan dapat ditemukan di Slovakia dan Kanada.

• Ukraina - Katolik dari antara mereka yang terpisah dari Roma oleh Skisma Yunani dan bersatu kembali sekitar 1595. Patriark atau Metropolitan Kyiv. Bahasa liturgi Lama Slavia dan bahasa sehari-hari. Dengan 5,5 juta Umat Ukraina Katolik dapat ditemukan di Ukraina, Polandia, Inggris, Jerman, Perancis, Kanada, Amerika Serikat, Brazil, Argentina dan Australia. Selama era Uni Soviet, Katolik Ukraina dengan kejam dipaksa untuk bergabung dengan Gereja Ortodoks Ukraina. Hierarki mereka yang kemudian terus menggembala dari luar tanah air, saat ini mereka telah berdiri kembali di Ukraina.

Keluarga ritus-ritus liturgis Aleksandria

Gereja Alexandria di Mesir adalah salah satu pusat asli Kekristenan, karena seperti Roma dan Antiokhia dan mereka memiliki populasi orang Yahudi yang banyak sehingga merupakan objek awal kerasulan penginjilan. Liturgi mereka dipersembahkan untuk Santo Markus Penginjil, dan menunjukkan pengaruhnya dalam Liturgi Byzantium, di samping juga memiliki elemen yang unik.

• Koptik - Katolik Mesir yang kembali ke dalam persekutuan dengan Roma pada 1741. Patriark Aleksandria memimpin setia 200.000 Umat, ritual gereja ini tersebar di seluruh Mesir dan Timur Tengah. Bahasa liturgi Koptik (Mesir) dan bahasa Arab. Kebanyakan bangsa Koptik tidak menganut Katolik.

• Ethiopia / Abyssinian - Ethiopia Kristen Koptik yang kembali ke Roma pada tahun 1846. Bahasa liturginya Geez. Memiliki 200.000 Umat beriman tersebar di Ethiopia, Eritrea, Somalia, dan Yerusalem.

Dikutip dan dterjemahkan secara bebas oleh Sonny Arends (Fans page GK) dari:http://www.ewtn.com/expert/answers/catholic_rites_and_churches.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar